Blogger Widgets

Wisata Air Pulau Kembang


Pulau Kembang yang memiliki luas 60 Ha ini merupakan pulau yang tidak dihuni manusia tetapi hanya berisi flora dan fauna khas Kalimantan diantaranya yang sangat mendominasi adalah kera berekor panjang (macaca fascicularis). Letaknya dikawasan konservasi Muara sungai Barito Kabupaten Barito Kuala Kalimantan Selatan.

Menuju pulau kembang tentu saja harus menggunakan perahu klotok maupun speedboard yang banyak terdapat di Banjarmasin, biasanya perahu kelotok tersebut di sewa per trip pulang pergi. Pilihan rute juga bisa darimana saja selama tersedianya tempat berlabuh bagi perahu sebagai tempat turun dan naiknya penumpang. Kalau tidak ingin sewa satu buah klotok bisa juga dengan biaya perorangan sebesar Rp. 25.000,- per orang tempat dermaganya di siring bawah jembatan Merdeka Banjarmasin. Kalau hari libur biasanya banyak wisatawan lain yang juga mau ke Pulau Kembang. Seperti terlihat pada foto dibawah ini, tiket bisa dibeli pada penjual tiket yang bernaung di bawah payung. Namun kalau hanya ingin jalan-jalan keliling naik perahu kelotok biayanya hanya Rp. 5000,- perorang.


Pengalaman saya sendiri naik kelotok melalui Kuin, dengan sewa satu buah perahu kelotok sebesar Rp. 200.000,- pulang pergi ke Pulau Kembang. Biaya ini bisa lebih mahal lagi kalau ditambah dengan rute menyusuri sungai di Banjarmasin. Apabila dengan rute Pulau Kembang - Pasar Terapung Lok Baintan Pulang Pergi biayanya mencapai Rp, 800.000,- sesuai dengan jauhnya perjalanan.


Perjalanan menuju Pulau Kembang bagi yang belum terbiasa tentu membuat deg-degan jantung karena perahu kelotok akan berayun setiap kali berselisihan dengan perahu lainnya. Kebanyakan penumpang akan berada di atap perahu apabila cuaca tidak begitu panas namun bagi yang takut dan merasa tidak bisa menyeimbangkan badan baiknya tetap berada di dalam perahu saja sebab di dalam perahu juga cukup lega untuk beristirahat.


Keselamatan penumpang dapat terjaga dengan baik apabila jumlah penumpang tidak melebihi kapasitas perahu kelotok serta disediakannya jaket pelampung yang berkualitas. Serta yang sangat penting penumpang jangan mudah panik apabila perahu hanya sekedar bergoyang terbawa arus gelombang.


ketika tiba di dermaga Pulau Kembang anda harus menyiapkan diri dengan baik. Simpan barang-barang yang tidak diperlukan dan jangan gunakan aksesoris yang mencolok. Pegang dengan baik tas, kamera serta ponsel anda dan usahakan jangan berwarna mencolok. Apabila membawa makanan pribadi simpan dan ikat tempat makanan tersebut jangan biarkan terbuka yang bisa membuat rombongan kera mengintip kedalamnya.


Usahakan jangan panik ketika beberapa kera memasuki perahu, Hindari merebut barang yang sudah di ambil kera dengan tiba-tiba sebab bukan tidak mungkin kera tersebut akan mempertahankan dengan agresif pula. Apabila membawa makanan khusus untuk diberikan kepada kera sebaiknya ambil seperlunya saja dan sisanya simpan untuk diberikan lagi nanti, sebab para kera biasanya merebut makanan yang ada di tangan beserta tasnya apabila mengetahui di dalam tas tersebut terdapat makanan untuknya.


Tidak sedikit pengunjung yang membatalkan niatnya untuk berlabuh setelah dimasuki rombongan kera kedalam perahu. Bahkan menjerit-jerit ketakutan saat kera bergelantungan di badan, sebaiknya anda jangan panik sebab kera akan semakin agresif kalau anda panik. Kalau anda tenang dan menguasai keadaan meskipun hanya berpura-pura tenang maka rombongan kera tersebut tidak akan berani mengganggu anda.

Setelah semuanya oke, silakan masuk dengan membayar tiket sebesar Rp. 7.500,- per orang. Jangan takut untuk masuk karena suasana di dalam lebih tenang dan para kera tidak terlalu agresif lagi. Anda akan disambut para penjual kacang dan para guide yang bertugas menghalau kera agresif. Disini Guide dibayar secara suka rela dan anda pasti membutuhkan guide ini untuk mengantar lebih jauh masuk kedalam hutan.


Jangan lewatkan untuk explore kesetiap sudut pulau sehingga anda dapat melihat rombongan kera bergelantungan di pohon-pohon dan siap untuk diajak berfoto bersama.


Jenis kera berekor panjang di tempat ini tidak hanya berukuran kecil tetapi banyak juga yang berukuran cukup besar namun jangan kuatir kera ini tidak begitu agresif dan lebih banyak menjauhi area ramai dengan masuk ke dalam hutan.


Meskipun perjalanan ke Pulau Kembang cukup menegangkan untuk anda yang takut terhadap primata ini namun saya yakin perjalanan ini akan sangat berkesan dalam hidup anda, dan anda akan mengulangnya lagi di lain waktu untuk berwisata air ke Pulau Kembang.


1 komentar:

  1. PERMAINAN ONLINE TERBESAR DI INDONESIA

    Website paling ternama dan paling terpercaya di Asia ^^
    Sistem pelayanan 24 Jam Non-Stop bersama dengan CS Berpengalaman respon tercepat :)
    Memiliki 9 Jenis game yang sangat digemari oleh seluruh peminat poker / domino

    - Adu Q
    - Bandar Q
    - Bandar Sakong
    - Bandar Poker
    - Poker
    - Domino 99
    - Capsa Susun
    - BANDAR66 / ADU BALAK
    - PERANG BACCARAT ( GAME TERBARU )

    Permainan Judi online yang menggunakan uang asli dan mendapatkan uang asli ^^
    * Minimal Deposit : 20.000
    * Minimal Withdraw : 20.000
    * Deposit dan Withdraw 24 jam Non stop ( Kecuali Bank offline / gangguan )
    * Deposit Via Pulsa SIMPATI & XL
    * Bonus REFFERAL 15 % Seumur hidup tanpa syarat
    * Bonus ROLLINGAN 0.3 % Dibagikan 5 hari 1 kali
    * Proses Deposit & Withdraw PALING CEPAT
    * Sistem keamanan Terbaru & Terjamin
    * Poker Online Terpercaya
    * Live chat yang Responsive
    * Support lebih banyak bank LOKAL


    Contact Us

    Website SahabatQQ
    WA 1 : +85515769793
    WA 2 : +855972076840
    LINE : SAHABATQQ
    FACEBOOK : SahabatQQ Reborn
    TWITTER : SahabatQQ
    YM : cs2_sahabatqq@yahoo.com
    Kami Siap Melayani anda 24 jam Nonstop

    Daftar SahabatQQ

    #sahabatQQ
    #winsahabatQQ
    #winsahabat
    #megasahabatQQ
    #salamhoki88
    #windaftar

    BalasHapus

SUBSCRIBE TO OUR NEWSLETTER